Rabu, 30 Juni 2010

Menggunakan Clipping path pada Photoshop

Tutorial kali ini saya akan membahas penggunakan Clipping path untuk memindahkan gambar yang kita inginkan dari latarbelakang

Clipping path pada Photoshop adalah alat untuk membuat bagian-bagian dari gambar buram dan bagian-bagian dari suatu gambar transparan. Biasanya digunakan untuk "mengganti" latar belakang.

Langsung saja tanpa banyak basa-basi
Di bawah ini adalah seekor burung di atas latar belakang hijau. Mari kita memotong burung. Lalu kita bisa memberikan burung latar belakang baru atau latar belakang tadi dibuat putih polos. Gambar ini dipilih karena subjek (burung itu) sangat halus dan melengkung sehingga calon yang ideal for the pen rather than the selection tools.
alt=
Pertama kita gunakan pen untuk menggambar pada path. Klik tab Paths pada Palette Layer. Lalu klik Path "Baru" ikon di bagian bawah. berikaan nama "path 1" untuk path baru.

gunakan pen untuk menempatkan letak yang tidak pas
Photoshop
Di bawah ini adalah contoh dari path itu sendiri.
photoshop1
Photoshop memungkinkan lebih dari satu path untuk dimasukkan dalam file. Hanya ada satu clipping path , jadi anda harus menetapkan jalan mana yang harus di clipping path. Dalam menu option path, klik "Clipping Path".
photoshop2
Dalam dialog Clipping path pilih menjadi "path 1" . Nilai kerataan menentukan seberapa dekat path sesuai dengan kurva. Semakin rendah jumlahnya, semakin dekat path akan sesuai dengan kurva. Masukkan nilai dan klik "OK"
Tutorial photoshop
Selanjutnya Anda harus menyimpan file tersebut, kemudian simpan salinan sebagai file EPS. Klik:

File > Save

followed by...

File > Save a Copy

Pilih "Photoshop EPS" sebagai jenis file, kemudian masukkan nama file dan klik "Simpan".
Tutorial photoshop3
efek dari path clipping hasilnya seperti gambar di bawah ini . Untuk melihat efek dari path clipping di layar Anda dapat membuka berkas EPS dalam suatu program menggambar (seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW atau Macromedia FreeHand) atau Anda dapat menempatkan file EPS dalam program tata letak halaman seperti QuarkXPress atau Adobe PageMaker atau Anda dapat menyaring EPS file dengan Adobe Acrobat Distiller dan melihat hasil file PDF dalam Acrobat.
tutorial photoshop
Catatan: Jika Anda membuka file EPS di Photoshop, Anda tidak akan dapat melihat efek dari jalan kliping. cara Untuk melihat di layar dengan menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di atas.
Misalnya, Anda dapat memuat gambar ke salah satu tata letak halaman atau ilustrasi program yang disebutkan di atas untuk berfungsi sebagai latar belakang baru ...
tutorial photoshop
Kemudian Anda bisa drop gambar EPS tepat di atasnya.
tutorial photoshop


SUMBER

Baca Juga Artikel Terkait



Comments :

3 comments to “Menggunakan Clipping path pada Photoshop”

Thanks for amazing clipping path Photoshop tutorial.

TecCrowd mengatakan...
on 

i have collected some beneficial idea here about Photoshop clipping path. thanks

faruk mengatakan...
on 

Very helpful tutorial. Thank you.
Photo Retouching

Roza Lawrance mengatakan...
on 

Posting Komentar