Sabtu, 04 September 2010

Menaruh Desain pada kaos

Bagi kamu yang suka mendesain gambar untuk tshirt, mempunyai usaha clothing sendiri, atau mungkin ada projek mendesain tshirt, terkadang kamu ingin mempresentasikan atau melakukan promosi sebelum tshirt itu selesai di produksi. Trik ini berguna untuk mensimulasikan dengan realistis bagaimana kira-kira hasil akhir produksi tshirt kamu.

Jika mungkin sebelum nya kamu hanya menaruh artwork kamu di atas template suatu tshirt kosong, maka sekarang ada cara lebih baik yang akan sangat membantu menambah nilai karya yang telah kamu hasilkan.

Pertama-tama kita mencari sumber tshirt kosong nya terlebih dahulu, kebetulan saya mencari nya melalui Flickr Group, Threadless blank tees, yang menyediakan foto-foto tshirt kosong yang kreatif, kamu tinggal memilih mana yang kamu suka. Untuk sekarang ini saya akan menggunakan foto ini sebagai template saya. Ok, jika semua sudah siap, buka Photoshop kamu dan kita mulai!


Langkah 1
Buka foto tshirt yang sudah kamu unduh tadi di Photoshop.



Langkah 2
Pilih Pen tool dan ubah setting nya menjadi “Paths”, karena kita akan men-Trace area tshirt yang ada di foto tersebut















Langkah 3
Mulailah men-Trace area tshirt, sampai semua area terpilih



















Langkah 4
Jika sudah semua area di Trace, maka selanjutnya adalah menseleksi area tersebut. Jangan lupa tekan “A” (Path Selection Tool) terlebih dulu, lalu klik kanan, akan muncul dialog box seperti di bawah ini. Pilih “Make Selection”, ubah Feather Radius ke “0″ dan tekan Ok.





Langkah 5
Setelah area tersebut terseleksi, kita akan merubah warna kuning tshirt tersebut menjadi putih (langsung lompat saja ke langkah 6 , kalau foto yang kamu pakai adalah foto tshirt berwarna putih). Ikuti cara berikut ini, Image > Adjustments > Hue/Saturation > Saturation -100 > Ok. Kamu akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini.





















Langkah 6
Pada tahap ini, kita akan berusaha mengeluarkan bayangan yang ada di tshirt tersebut, supaya lipatan-lipatan tshirtnya lebih terlihat. Caranya adalah kita menaikan Contrast dan Levels foto tersebut. Untuk Contrast langkahnya adalah, Image > Adjustments > Brightness/Contrast > Contrast +100 > Ok

Dan untuk Levels, Image > Adjustments > Levels > Ok (ikuti setting Levels seperti gambar di bawah, atau sesuaikan dengan kebutuhan kamu)




Langkah 7
Setelah Levels sudah di setting jangan klik area lain, karena kita akan menduplikasi layer tshirt tersebut. Caranya mudah, selagi terseleksi tekan Ctrl + C , lalu Ctrl + V. Itu akan membuat layer baru (layer 1) di atas layer background lalu ubah nama “Layer 1″ menjadi “shadow atas”.





Langkah 8
Sekarang kita akan membuat warna tshirt nya, tetapi pada layer yang baru lagi, ini supaya kita bisa dengan mudah mengganti-ganti warna tshirt tanpa merubah elemen lain. Pilih lah tab Paths, lalu klik Path tshirt yang sudah kita buat sebelum nya (hasil trace). Setelah itu klik tabs Layers dan buat layer baru.




Langkah 9
Setelah itu, klik kanan pada Path yang sudah terseleksi, pilih “Fill Path” lalu tekan Ok. Ini akan menghasilkan warna merah berbentuk tshirt yang sudah kita trace sebelumnya pada layer baru. (untuk warna, tergantung palet Foreground kamu sedang berwarna apa, kamu bisa merubah warna nya terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini).







 Langkah 10
Namakan Layer warna baju tersebut menjadi “warna baju” untuk memudah kan pemilihan layer di lain waktu. Dan ubah blending mode layer “shadow atas” menjadi Multiply. Ya, sampai disini kamu sudah selesai! tinggal memasukan artwork, di antara layer “shadow atas” dan “warna baju”.



 Selanjutnya kamu tinggal bereksperimen, karena tiap artwork dan warna baju akan menghasilkan settingan layer yang berbeda. Seperti contoh di atas, layer “shadow atas” saya sampai 3 kali untuk menghasilkan efek yang saya mau dan juga karena warna baju yang saya gunakan hitam.

 Hasil Akhir





Baca Juga Artikel Terkait



Comments :

2 comments to “Menaruh Desain pada kaos”

klo yg trace udah bisa gan

pertanyaan: gimana gambar design kita agar bisa diterapkan ke kaos tersebut dan tidak kelihatan tempel ajha...??


makasih

schizophrenia mengatakan...
on 

sama gan pertanyaanya...di tgu plis

catatanperjalanan mengatakan...
on 

Posting Komentar